Pintu garasi menjadi salah satu kebutuhan penting yang akan menunjang keamanan rumah. Pastikan Anda memilikinya agar tidak khawatir kehilangan kendaraan, baik mobil maupun motor.

Ada banyak sekali ide desain garasi yang bisa Anda contoh. Umumnya, desain ini menyesuaikan dengan gaya atau model tempat tinggal. Apakah minimalis atau yang lainnya.

Dengan kesesuaian desain, tampilan rumah akan terlihat semakin menyatu dan indah.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas beberapa bentuk garasi yang umum biasa menggunakan sampai sekarang. Mulai dari geser hingga lipat. Selamat menyimak sampai selesai.

Berikut ini beberapa pintu garasi yang bisa memilih dan keuntungan memakainya:

1.      Pintu garasi sliding atau geser

Gambar Pintu Garasi Geser - 4 Inspirasi Model Pintu Garasi Modern dan Kelebihannya

Model yang paling terkenal saat ini adalah model sliding atau geser. Produk seperti ini memiliki kelebihan sebagai berikut:

  1. Penggunaan ruang jadi lebih maksimal dan tidak mubazir. Artinya, seluruh ruangan dapat menggunakan dengan baik tanpa ada yang tidak terpakai.
  2. Sangat fleksibel dalam hal pemakaian. Bayangkan saja, untuk membuka dan menutup, Anda tinggal menggesernya dengan mengandalkan roda yang ada dari bagian atas dan/atau bawah. Artinya, tidak memperlukan tenaga banyak untuk mengoperasikannya.
  3. Pilihan material yang terpakai untuk membuat garasinya juga jauh lebih banyak.
  4. Sangat modern dan bisa memasukkan dalam gaya rumah apa saja, contohnya minimalis.
  5. Ide desainnya sangat banyak dan kekinian.

Model sliding ini umumnya menandai dengan adanya roda dan rel yang ditaruh ke bagian bawah dan/atau atas komponen utamanya.

Perawatannya pun mudah, cukup memberikan oli atau minyak pada bagian roda tersebut. Tujuannya adalah agar saat terjadi pemuaian, roda tetap bisa bergerak dengan mulus karena licin.

2.      Pintu garasi lipat

Selain sliding, model lipat juga menjadi salah satu opsi yang paling banyak dicari. Model pintunya punya kelebihan sebagai berikut:

  1. Tampilannya modern dan cocok untuk semua gaya rumah.
  2. Bisa dibuka setengahnya saja untuk memastikan sirkulasi udara tetap bagus.
  3. Dapat dibuat dari bahan atau material apa saja. Mulai dari besi, kayu, hingga kaca.
  4. Bisa dikombinasikan dengan versi sliding.
  5. Praktis untuk dibuka tutup.

Bila pada versi sliding komponen utamanya adalah roda dan rel, versi lipat ini membutuhkan engsel.

3.      Rolling door

Bila Anda mau pintu garasi yang simpel, maka rolling door merupakan pilihan yang paling tepat. Betapa tidak, pintu ini bisa langsung terbuka secara menyeluruh dengan cepat.

Caranya adalah dengan mengangkat rolling door ke bagian atas atau secara vertikal. Saat sedang dibuka, pintunya juga akan langsung tersimpan sehingga tidak menghabiskan tempat.

Secara rinci, berikut ini adalah kelebihan garasi model rolling door ini:

  1. Praktis, enteng, dan mudah untuk dibuka tutup.
  2. Umumnya berbahan aluminium.
  3. Model dan desainnya sederhana sehingga kompatibel dengan gaya rumah masa kini.
  4. Cocok buat garasi yang mau dijadikan gudang.
  5. Keamanannya bagus.

Model rolling door ini sangat cocok buat Anda yang memiliki rumah sederhana dan garasinya berada ke lahan minimalis atau kecil.

4.      Model kombinasi

Model terakhir yang bisa Anda terapkan adalah kombinasi. Biasanya, model yang menggabungkan adalah geser dengan lipat atau lipat dengan rolling vertikal.

Ada banyak sekali model kombinasi yang dapat anda coba. Tinggal menyesuaikan saja dengan kebutuhan ruangan dan kesesuaiannya dengan gaya rumah Anda.

Keberadaan model pintu garasi kombinasi ini juga tergantung pada pembuatnya. Jadi silakan mencari partner pembuat garasi terbaik.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *