Fungsinya boleh jadi sama, tapi rel partisi lipat memiliki komponen berbeda dengan versi geser. Kenali dengan baik agar produk yang Anda beli mendapatkan perawatan terbaik.

Dengan perawatan yang baik, penyekat ruangan jadi tahan lama. Selama menggunakan, dia juga bisa memberikan performa dan fungsinya secara optimal.

Komponen partisi lipat vs geser

Bila partisi ruangan versi geser memiliki komponen berupa lintasan atas bawah. Versi lipat tersedia dalam dua pilihan. Ada yang bagian bawahnya berisi lintasan, ada pula yang tidak pakai lintasan. Yang tidak memakai lintasan ini umumnya adalah lantai biasa.

Lintasan yang pasti ada adalah yang berada di atas, sistemnya seperti menggantung. Meski memang tidak semuanya demikian, tapi pada umumnya inilah yang sering diterapkan di area perumahan.

Selain itu, perlu diketahui bahwa rel pada partisi lipat juga hanya ada di beberapa model terbaru. Sementara versi sederhana umumnya hanya bisa terlipat tanpa menggunakan rel.

Contoh dari penyekat ruangan berkonsep lipat yang sederhana adalah partisi yang terbuat dari rotan atau gabungan dari beberapa pintu. Penggabungannya menggunakan engsel biasa sehingga dapat terlipat dengan mudah.

Komponen dan jenis berbeda inilah yang membuat fungsi rel pada penyekat ruang geser dan lipat agak berbeda.

Fungsi rel partisi lipat

Secara umum, kegunaan rel pada sebuah partisi portable baik geser maupun lipat itu sama saja. Yakni memastikan bahwa pergerakan pintunya bisa berjalan sesuai lintasan atau track.

Screenshot 2020 12 21 09 53 23 82 1 - Komponen, Fungsi, dan Cara Merawat Rel Partisi Lipat

Seperti halnya rel pada lintasan kereta api yang memastikan roda keretanya tetap berada di jalur, rel ini juga memiliki fungsi demikian.

Perbedaannya dengan partisi geser adalah pada penggunaannya. Di mana pada saat akses buka tutup dilakukan, versi geser hanya perlu digeser saja. Sementara versi lipat, rel akan berfungsi dengan baik jika Anda mau melipat panel pintu terlebih dulu.

Tanpa dilipat, maka pergeseran tidak akan bisa dilakukan. Jadi, tak hanya mendorongnya secara horizontal, Anda perlu mengkondisikan supaya lipatannya tepat.

Cara merawat rel partisi lipat

Karena kegunaannya yang penting, maka rel perlu dirawat dengan sangat baik supaya performanya bisa maksimal. Berikut ini adalah beberapa trik perawatan yang bisa anda lakukan:

Melakukan buka tutup dengan hati-hati

Cara pertama yang harus melakukan adalah dengan menggunakan partisinya dengan baik. Buka dan tutuplah pintunya secara perlahan apabila sedang membutuhkan.

Menjaga kebersihan relnya

Menjaga kebersihan rel adalah hal yang paling penting untuk dilakukan. Dengan begini, tidak akan ada debu, kerikil, atau kotoran yang mengganjal apalagi menghambat lintasan. Artinya, pergerakannya dapat mulus dan lancar.

Mengecek pada bagian engsel

Berbeda dengan versi geser yang tidak menggunakan engsel untuk melipat panel pintu, versi lipat memiliki lebih banyak komponen yang perlu perhatikan.

Sama halnya dengan engsel yang menempel di pintu pada umumnya, Anda perlu memberikan pelumas untuk memastikan akses partisinya bisa lancar.

Bagaimanapun, semua komponen yang ada di penyekat ruangan adalah satu kesatuan. Bila salah satu tidak berjalan sempurna, maka akan berimbas buat yang lainnya.

Artinya, jika engselnya tidak berjalan dengan baik, maka akan mempengaruhi kinerja rel dan partisinya secara keseluruhan.

Melakukan perbaikan segera bila ada yang rusak

Cek secara berkala apabila ada komponen yang mengalami kerusakan. Kalau memang ada, segera lakukan perbaikan. Jika tidak bisa memperbaikinya sendiri, silakan panggil tukang servis atau penyedianya.

Melakukan penggantian bila diperlukan

Apabila memang relnya rusak dan harus terganti, segera lakukan penggantian atau panggil tim yang berkompeten.

Terakhir, pilihlah penyedia rel partisi lipat terbaik dan bergaransi sehingga produk yang Anda gunakan dapat tahan lama.

Baca Juga

Partisi Sorepa


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *