Berbeda dengan pintu partisi geser di ruangan lainnya, pintu geser di sekitar laundry room ini umumnya berjenis barn doors. Artinya, rel atas dari pintu gesernya menggantung di tembok dan hanya ada satu lubang pintu dengan satu panel pintu geser. Tumpuan pintu ini adalah tembok.

Soal bahan, biasanya digunakan panel berbahan dasar kayu agar ruangan laundry tidak terlihat dari luar. Jadi bisa tetap terlihat rapi dan indah.

Namun, ada juga pintu geser berbahan dasar kaca yang digunakan sebagai sekat ruangan laundry room. Penasaran seperti apa desain barn doors untuk ruangan cuci pakaian?

Berikut 5 desain pintu partisi geser untuk laundry room yang unik dan chic

Ini adalah beberapa desain pintu geser berjenis barn doors yang dibuat dengan baik sehingga desainnya menjadi indah dan tidak monoton:

1.      Gabungan kayu dan kaca bening

Desain pertama adalah sebuah pintu geser berbahan kombinasi, kaca dengan kayu. Pintu ini didesain dengan setengah kaca di bagian atas dan kayu di bagian bawah.

Dengan pintu ini, seseorang yang ada di dalam bisa melihat suasana di luar ruangan. Dan orang yang berada di luar bisa melihat ke dalam ruangan. Sedangkan barang-barang yang diletakkan di bawah bisa aman dan tak tampak dari luar.

Untuk menambah nilai seni ruangan tempat cuci baju ini, di bagian tembok yang lurus dengan panel pintu berbahan kaca bisa diberikan wallpaper untuk memberikan kesan berbeda. Juga bisa berperan sebagai titik fokus pada ruangan tersebut.

2.      Pintu kaca buram berwarna

Kesan modern memang bisa didapatkan dengan memilih pintu geser berbahan kaca sehingga cocok diterapkan di rumah minimalis. Gunakanlah pintu kaca buram berwarna jika memang ingin memberikan kesan modern tersebut.

Kaca yang buram juga bisa menutup bagian dalam ruang laundry agar tidak tampak dari luar. Ruangan pun aman dan tampak rapi dipandang dari luar.

3.      Pintu kayu bermotif

Gaya klasik dan tradisional bisa didapatkan dengan memasang pintu partisi geser kayu sebagai sekat ruangan cuci baju. Agar tampilannya indah dan bernilai seni, pilihlah kayu yang sudah ada ukirannya atau bermotif.

Gambar 1 Desain Pintu Partisi Geser untuk Laundry Room Berbahan Kayu Motif - 5 Desain Pintu Partisi Geser Laundry Room/Tempat Cuci
Desain pintu partisi geser untuk laundry room

Anda bisa memilih motif puzzle, garis, atau ukiran tradisional jawa untuk menciptakan kesan tradisional yang kuat.

Soal warna, untuk konsep rumah klasik biasanya warna yang cocok adalah coklat atau warna asli kayunya. Disesuaikan dengan warna-warna komponen lain dalam rumah tersebut.

4.      Pintu kayu polos yang modern

Ruang laundry juga bisa disekat menggunakan pintu kayu polos bergaya modern yang biasanya memiliki dimensi luas. Meski warnanya coklat, kayu polos bisa memberikan kesan modern di rumah jika dikombinasikan secara pas dengan warna tembok putih.

Kalau ingin menambah kesan modern dan hangat, mengecat kayu dengan warna putih bisa menjadi solusi yang baik.

5.      Pintu berwarna gelap dan colorful

Sebagaimana dilansir dari freshhome, pintu geser barn doors sebagai partisi ruangan cuci baju ternyata bisa multifungsi. Selain dipakai sebagai akses keluar masuk ruangan, pintu ini bisa disulap menjadi cermin dan titik fokus dalam sebuah ruangan.

Jika titik fokus adalah tujuannya, maka panel pintu sebaiknya dicat warna yang kontras dengan pilihan warna dalam ruangan lainnya. Bisa gelap atau malah terang (colorful), tergantung warna yang dipakai dalam ruangan lain.

Sehingga saat memasuki ruangan lain tersebut, mata akan langsung tertuju pada pintu laundry yang indah dan terlihat berbeda.

Nah, dari sini diketahui bahwa pemakaian barn doors sebagai pintu partisi geser laundry room ternyata variatif. Hadir dengan model dan bahan yang beragam. Sekarang, selamat memilih pintu geser sesuai kebutuhan.

Baca juga

4 Tips Memilih Model Gorden Untuk Pintu Partisi Geser Kaca

1 Komentar

Mengenal Beberapa Jenis Pintu Partisi Lipat Dan Kegunaannya · Januari 14, 2020 pada 13:01

[…] 5 Desain Pintu Partisi Geser Laundry Room/Tempat Cuci […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *